Home » » Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Secara Online

Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Secara Online




Gratis Aplikasi Penerimaan Siswa Baru secara online

Lama tidak posting di blog gaptect.com, di karenakan sibuk dengan planning dan rencana yang sempat di bebankan kepada admin. Dalam satu bulan kepala ini penuh dengan PR, mulai dari membuat soal semester untuk 2 tingkat kelas, mengkoreksi hasil ujian, merekap nilai untuk nilai raport, dan sempat di suruh mempersiapkan PSB online melalui jaringan intranet. Yang paling pusing adalah mempersiapkan PSB online intranet, karena harus mendesain ulang script berbasis PHP. Setelah selesai dan di uji coba dan suskses, ternyata ada perubahan mekanisme PSB online, yaitu PSB online akan di sediakan oleh pihak dinas yang bekerjasama dengan Telkom. Rasa capek dan mumet mendesain ulang Aplikasi Penerimaan Siswa Baru secara online berakhir dengan kesia-sian, karena ada perubahan mendadak dari kepsek.


Berikut adalah screenshot dan flowcart atau alur kerja metode PSB online, untuk bahan perbandingan :
1. PSB online dari Telkom siap online.
SIAP PSB Real TIme Online, adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan otomasi seleksi penerimaan siswa baru (PSB), mulai dari proses pendaftaran,proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi, yang dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (realtime).
Berikut Screenshot aplikasi PSB Real TIme Online. Bagi yang ingin lihat langsung bisa coba ke url http://jakarta.siap-ppdb.com mungkin jika ingin lihat daerah anda bisa ganti jakarta dengan nama kota anda.
PSB Online
Saya pribadi belum pernah melihat secara langsung, tapi melihat menunya di dalam gambar bahwa seluruh sekolah yang ada di suatu daerah bisa di akses dengan satu url langsung. Berikut tujuan dan manfaat PSB online telkom ini, menurut pihak telkom sih, saya copas dari situsnya langsung.

Tujuan

Secara umum tujuan penerapan SIAP PSB Online, antara lain:
  • Meningkatkan mutu layanan pendidikan.
  • Menciptakan sistem penerimaan siswa baru yang terintegrasi, akurat dan transparan
  • Melaksanakan penerimaan siswa baru dengan lebih praktis dan efisien.
  • Menyediakan basis data sekolah yang akurat.
  • Memberi fasilitas akses informasi bagi masyarakat dengan cepat, mudah dan akurat.

Manfaat dan Keuntungan

  • Bagi Dinas Pendidikan dan Sekolah
    • Memberikan akses yang luas kepada masyarakat
    • Singergitas data antara Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah dalam penyelenggaran penerimaan siswa baru
    • Tersedianya sebuah basis data terintegrasi bagi Pihak Dinas Pendidikan maupun Pihak Sekolah
    • Efisiensi pembiayaan
    • Meningkatkan reputasi sekolah
    • Mengurangi resiko terjadinya KKN.
    • Meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam penguasaan Teknologi Informasi.
  • Bagi Siswa dan Orang Tua Siswa
    • Mempermudah untuk mengikuti pendafaran siswa baru
    • Mempermudah akses informasi penerimaan siswa baru
    • Mendapat fasilitas dan pelayanan memuaskan dari pihak sekolah dan dinas pendidikan.
    • Meningkatkan ketertiban kemudahan dalam proses penerimaan siswa baru.
     
Salah satu manfaatnya katanya untuk mengurangi KKN, (horee..) tapi coba kita lihat flowcartnya atau alur proses pendaftarannya berikut :
alur PSB Online
Dari flowcart di atas, tergambarkan bahwa penginput data adalah panitia sekolah, dan proses seleksi bukan berdasarkan test tetapi berdasarkan Nilai Akhir calon siswa, yang akan di proses ole system dan langsung di seleksi secara online.
Katanya untuk mengurangi KKN, tetapi dalam flowcart masih bisa di akali pada saat input data, pihak yang nakal bisa memasukkan data nilai palsu. Yang berikutnya jika seleksi berdasarkan Nilai Akhir siswa, maka pihak calon siswa bisa bermain KKN dengan pihak sekolah asal, agar nilai di rubah lebih tinggi supaya pada bisa di terima di tingkat lanjutan.
Dari flowcart tersebut, system PSB tidak berbeda jauh dengan PSB manual atau offline, mengingat yang menginput data bukan pihak calon siswa tetapi panitia sekolah. Jadi dalam hal ini panitia sekolah tetap akan di sibukkan dengan input data. Yang berbeda cuma masalah informasi yang tersebar lebih luas dan bisa di akses di mana saja.

2. PSB online Intranet versi payz0
PSB online intranet ini sebenarnya bisa anda dapatkan dari Yayasan Indonesia Membaca, nama aplikasinya adalah JIBAS. Sebenarnya aplikasi ini hanya bisa di akses oleh admin tertentu, yang keperluannya meliputi, data pegawai, absensi siwa, data siswa , dan masih banyak lagi, termasuk PSB. Melihat ada fasilitas PSBnya maka admin gaptect mencoba merevisi PHP yang ada agar para calon siswa bisa di permudah. Berikut screenshot nya :
Aplikasi PSB Online


Adapun tujuan PSB intranet ini hampir sama dengan tujuan PSB online versi telkom. Intinya yang di inginkan dalam system ini adalah :
1. Panitia tidak di sibukkan dengan input data.
2. Mengurangi kesalahan pengetikkan nama calon siswa, karena yang menginput calon siswa sendiri.
3. Mengurangi antrian dalam pendaftaran.
4. Bisa di jadikan sebagai uji kemampuan siswa dalam mengenal Teknologi.
5. Mengurangi administrasi yang berbelit.
6. Mengurangi kontak langsung antar calon dan panitia, agar tidak ada kong kalingkong...
7. Mengurangi permainan KKN dari pihak yang nakal.

berikut flowcart PSB Intranet versi payz0 :
Aplikasi PSB Online
Terlihat pada flowcart, panitia hampir tidak mengeluarkan tenaga, hanya melakukan seleksi secara manual, tetapi jika mau di lakukan seleksi secara online juga bisa, sehingga tidak ada celah untuk mengadakan kecurangan, jika ada yang merasa di rugikan bisa langsung komplen.
Nah jika ada yang tertarik untuk mengadakan PSB online dengan Intranet, anda bisa download JIBAS, jika pada menu yang di sediakan sedikit rumit maka rubah aja beberapa PHP yang ada tanpa menghilangkan Hak CIptanya ya... Tujuan kita untuk mengambil manfaat dan jasa dari aplikasi PSB online dari jibas, tetapi juga untuk mempermudah para calon pendaftar. Kalau ingin sharing apa saja yang perlu di rubah, saya akan bantu, bisa berupa file PHP yang sudah saya edit kemudian di copy. atau anda coba edit sendiri.

1 Comment:

  1. Menambah pekerjaan orangtua bgmn pak? Yg ada opsi hanya pns atau wrswasta...polri bgmn?

    BalasHapus

1. Di Larang Mencantumkan LINK Secara Langsung !
2. Pakailah Etika Saat Berkomentar !
3. Hindari SPAM Guna Kebersamaan !
4. Di Larang Berkomentar Yang Berbau Sara !