by Rhyo Permata (RhyoGigaComp).
Microsoft excel adalah salah satu aplikasi dari Microsoft Office, termasuk di dalamnya Microsoft Word.
Jika anda sudah mengenal dengan Aplikasi Microsoft Word yang berfungsi
untuk mengolah kata, maka fungsi dari Aplikasi Microsoft excel tidak
jauh berbeda dengan Aplikasi Microsoft Word, yaitu Aplikasi pengolah
angka. Aplikasi Microsoft excel ini biasa di gunakan untuk aktifitas
pembuatan tabel dan perhitungan angka bahkan untuk menentukan sebuah
logika. Sekilas aplikasi Microsoft Excel ini tampak lebih rumit dari
microsoft word, karena berpenampilan kotak-kotak atau terdiri dari
cell-cell. Tetapi jika anda terus mencoba mempelajari dan memahami
aplikasi Microsoft Excel maka apalikasi ini lebih menarik dari pada
Aplikasi Microsoft excel, karena di dalamnya ada semacam misteri yang
harus di temukan.
Untuk mengenal Aplikasi Microsoft excel dasar
ada beberapa hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebelum
memulai mengoperasikan aplikasi ini, agar pada tingkat lanjutnya anda
mudah memahami setiap pemaparan dan penjelasan mengenai Microsoft Excel
ini. Maka mulailah memahami beberpa hal berikut ini :
Agar
mudah memahami dari sebuah aplikasi, anda harus mengenal bagian-bagian
dari sebuah aplikasi. Karena dalam proses menjelaskan sebuah aplikasi,
tidak lepas dengan menyebutkan cara-cara dalam mengoperasikan aplikasi
tersebut. Begitu juga dalam memahami aplikasi Microsoft Excel. akan
sulit bagi anda jika tidak mengenal bagian dari Aplikasi ini, dan
tentunya sulit bagi pengajar untuk menjelaskan sebuah cara tanpa
menyebutkan bagian dari aplikasi Microsoft Excel. Adapun untuk mengenal
bagian-bagian Aplikasi Microsoft Excel, Di Bawah Ini
1. Title Bar Bagian ini berfungsi untuk memberi informasi tentang nama aplikasi yang sedang digunakan. |
2. Control Bar Untuk mengontrol tampilan aplikasi, yang terdiri dari Minimize, Maximize, dan close. |
3. Menu Bar / Menu Ribbon Bagian ini untuk membagi bagian dari kumpulan perintah-perintah yang digunakan di dalam penggunaan Aplikasi Microsoft Excel, sehingga mempermudah pengguna untuk memilih perintah yang sesuai dengan kebutuhan. |
4. Tool Bar Kumpulan dari perintah-perintah untuk membantu pengoperasian Aplikasi Microsoft Excel, yang berbentuk tombol dan icon. |
5. Formula Bar Bagian ini untuk menampilkan rumus atau karakter asli dari karakter yang di ketik. |
6. Quick Acces Toolbar Toolbar yang dapat digunakan dengan cepat tanpa harus membuka office button. |
7. Office Button Untuk menampilkan sub menu perintah. |
8. Colom / kolom Yang di wakili dengan huruf. |
9. Row / baris yang di wakili dengan angka. |
10. Cell Kotak-kotak yang ada pada bagian excel disebut cell, dan setiap cell memiliki sebuah nama. |
11. Zoom Untuk mengatur besar-kecilnya tampilan. |
12. Nama cell Nama cell untuk menunjukkan alamat sebuah cell berada. |
2. Mengenali perbedaan cara penggunaan Aplikasi Microsoft Word dengan Microsoft Excel.
Walapun
satu paket Microsoft Office, tetapi kedua aplikasi ini memiliki
perbedaan cara dalam penggunaannya. Anda harus mengetahui perbedaan
tersebut, agar kebiasaan pada saat menggunakan Aplikasi Microsoft Word
tidak di lakukan pada saat mengoperasikan Aplikasi Microsoft Excel.
Sehingga meminimalisir kesalahan dalam pengorasian microsoft excel.
3. Mengenali jenis-jenis rumus dan perbedaannya di dalam Excel.
Aplikasi
Microsoft Excel adalah aplikasi yang tidak terlepas dengan rumus dalam
pengoperasiannya, maka anda wajib mengetahu jenis-jenis rumus dan
perbedaanya, karena jika tidak akan menyebabkan kekacauan dalam
memadukan sebuah rumus dengan rumus yang lainnya. adapun untuk
mengetahui jenis-jenis rumus Microsoft excel dan perbedaan cara
penggunaan masing-masing jenis rumus anda dapat membacanya Di Bawah Ini.
Jenis Yang pertama : Rumus Excel yang berbentuk Symbol.
Rumus
excel saya sebut berbentuk symbol karena karakternya memang sebuah
symbol, contoh tanda + (jumlah), - (pengurangan) , / (pembagian), ^
(pangkat). dan ada lagi symbol yang lain.
Jenis Yang Kedua : Rumus Excel yang berbentuk Kata.
Rumus
Excel yang berbentuk kata, karena rumusnya berupa terdiri dari huruf
yang membentuk sebuah kata, contoh sum, average, dan masih banyak yang
lain.
Jika
anda sudah mengenal kedua jenis rumus excel ini, maka saya akan
mengajak anda untuk mengetahui perbedaan cara penggunaan di kedua rumus
tersebut.
Rumus Symbol | Rumus Kata |
1. Letaknya di tengah antar angka atau Cell. Contoh : =1+1 2. Tidak wajib pakai tanda kurung. 3. Tidak memiliki format atau bentuk tertentu dalam penulisan rumus. (bebas) | 1. Letaknya berada disebelah kiri. contoh : =SUM(A1:A5) 2. Wajib pakai tanda kurung. 3. harus mengikuti format atau bentuk rumus yang sesuai dengan jenis rumus yang digunakan. |
dari
kedua jenis rumus Excel tersebut terdapat tiga perbedaan cara
penggunaanya. Tidak boleh anda perlakukan terbalik. contoh rumus symbol
diletakan di sebelah kiri (contoh =+1+1 ) atau rumus yang berbentuk kata di letakan di tengah (contoh =(A1)SUM(A5) ).
saya rasa cukup jelas. Jika sudah memahami perbedaan kedua bentuk rumus
ini maka anda bisa mulai mencoba mempraktekkan rumus excel, yang akan
saya bahas di posting berikutnya. (InsyaAllah)
Tiga point ini adalah modal untuk anda menguasai atau mengenal Aplikasi Microsoft Excel dasar.
cobalah untuk memahami ketiga point ini dulu, setelah itu anda bisa
lanjutkan ketingkat lanjutan untuk memahami Aplikasi Microsoft Excel
ini.
0 Comment:
Posting Komentar
1. Di Larang Mencantumkan LINK Secara Langsung !
2. Pakailah Etika Saat Berkomentar !
3. Hindari SPAM Guna Kebersamaan !
4. Di Larang Berkomentar Yang Berbau Sara !