Home » » Mengenal Dasar - Dasar Aplikasi Microsoft Excel

Mengenal Dasar - Dasar Aplikasi Microsoft Excel




by Rhyo Permata (RhyoGigaComp).
Microsoft excel adalah salah satu aplikasi dari Microsoft Office, termasuk di dalamnya Microsoft Word. Jika anda sudah mengenal dengan Aplikasi Microsoft Word yang berfungsi untuk mengolah kata, maka fungsi dari Aplikasi Microsoft excel tidak jauh berbeda dengan Aplikasi Microsoft Word, yaitu Aplikasi pengolah angka. Aplikasi Microsoft excel ini biasa di gunakan untuk aktifitas pembuatan tabel dan perhitungan angka bahkan untuk menentukan sebuah logika. Sekilas aplikasi Microsoft Excel ini tampak lebih rumit dari microsoft word, karena berpenampilan kotak-kotak atau terdiri dari cell-cell. Tetapi jika anda terus mencoba mempelajari dan memahami aplikasi Microsoft Excel maka apalikasi ini lebih menarik dari pada Aplikasi Microsoft excel, karena di dalamnya ada semacam misteri yang harus di temukan. 

Untuk mengenal Aplikasi Microsoft excel dasar ada beberapa hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebelum memulai mengoperasikan aplikasi ini, agar pada tingkat lanjutnya anda mudah memahami setiap pemaparan dan penjelasan mengenai Microsoft Excel ini. Maka mulailah memahami beberpa hal berikut ini :

Agar mudah memahami dari sebuah aplikasi, anda harus mengenal bagian-bagian dari sebuah aplikasi. Karena dalam proses menjelaskan sebuah aplikasi, tidak lepas dengan menyebutkan cara-cara dalam mengoperasikan aplikasi tersebut. Begitu juga dalam memahami aplikasi Microsoft Excel. akan sulit bagi anda jika tidak mengenal bagian dari Aplikasi ini, dan tentunya sulit bagi pengajar untuk menjelaskan sebuah cara tanpa menyebutkan bagian dari aplikasi Microsoft Excel. Adapun untuk mengenal bagian-bagian Aplikasi Microsoft Excel, Di Bawah Ini



1. Title Bar
Bagian ini berfungsi untuk memberi informasi tentang nama aplikasi yang sedang digunakan.

 2. Control Bar
Untuk mengontrol tampilan aplikasi, yang terdiri dari Minimize, Maximize, dan close.

3. Menu Bar / Menu Ribbon
Bagian ini untuk membagi bagian dari kumpulan perintah-perintah yang digunakan di dalam penggunaan Aplikasi Microsoft Excel, sehingga mempermudah pengguna untuk memilih perintah yang sesuai dengan kebutuhan.
4. Tool Bar
Kumpulan dari perintah-perintah untuk membantu pengoperasian Aplikasi Microsoft Excel, yang berbentuk tombol dan icon.
5. Formula Bar
Bagian ini untuk menampilkan rumus atau karakter asli dari karakter yang di ketik.
6. Quick Acces Toolbar
Toolbar yang dapat digunakan dengan cepat tanpa harus membuka office button.

7. Office Button
Untuk menampilkan sub menu perintah.


8. Colom / kolom
Yang di wakili dengan huruf.
9. Row / baris
yang di wakili dengan angka.
10. Cell
Kotak-kotak yang ada pada bagian excel disebut cell, dan setiap cell memiliki sebuah nama.

11. Zoom
Untuk mengatur besar-kecilnya tampilan.

12. Nama cell
Nama cell untuk menunjukkan alamat sebuah cell berada.

2. Mengenali perbedaan cara penggunaan Aplikasi Microsoft Word dengan Microsoft Excel.
Walapun satu paket Microsoft Office, tetapi kedua aplikasi ini memiliki perbedaan cara dalam penggunaannya. Anda harus mengetahui perbedaan tersebut, agar kebiasaan pada saat menggunakan Aplikasi Microsoft Word tidak di lakukan pada saat mengoperasikan Aplikasi Microsoft Excel. Sehingga meminimalisir kesalahan dalam pengorasian microsoft excel.

3. Mengenali jenis-jenis rumus dan perbedaannya di dalam Excel. 
Aplikasi Microsoft Excel adalah aplikasi yang tidak terlepas dengan rumus dalam pengoperasiannya, maka anda wajib mengetahu jenis-jenis rumus dan perbedaanya, karena jika tidak akan menyebabkan kekacauan dalam memadukan sebuah rumus dengan rumus yang lainnya. adapun untuk mengetahui jenis-jenis rumus Microsoft excel dan perbedaan cara penggunaan masing-masing jenis rumus anda dapat membacanya Di Bawah Ini.
Jenis Yang pertama : Rumus Excel yang berbentuk Symbol.
Rumus excel saya sebut berbentuk symbol karena karakternya memang sebuah symbol, contoh tanda + (jumlah), - (pengurangan) , / (pembagian), ^ (pangkat). dan ada lagi symbol yang lain.

Jenis Yang Kedua : Rumus Excel yang berbentuk Kata.
Rumus Excel yang berbentuk kata, karena rumusnya berupa terdiri dari huruf yang membentuk sebuah kata, contoh sum, average, dan masih banyak yang lain.

Jika anda sudah mengenal kedua jenis rumus excel ini, maka saya akan mengajak anda untuk mengetahui perbedaan cara penggunaan di kedua rumus tersebut.


Rumus Symbol Rumus Kata
1. Letaknya di tengah antar angka atau Cell.
Contoh : =1+1

2. Tidak wajib pakai tanda kurung.

3. Tidak memiliki format atau bentuk tertentu dalam penulisan rumus. (bebas)
1. Letaknya berada disebelah kiri.
contoh : =SUM(A1:A5)

2. Wajib pakai tanda kurung.

3. harus mengikuti format atau bentuk rumus yang sesuai dengan jenis rumus yang digunakan.

dari kedua jenis rumus Excel tersebut terdapat tiga perbedaan cara penggunaanya. Tidak boleh anda perlakukan terbalik. contoh rumus symbol diletakan di sebelah kiri (contoh  =+1+1  ) atau rumus yang berbentuk kata di letakan di tengah (contoh  =(A1)SUM(A5)    ). saya rasa cukup jelas. Jika sudah memahami perbedaan kedua bentuk rumus ini maka anda bisa mulai mencoba mempraktekkan rumus excel, yang akan saya bahas di posting berikutnya. (InsyaAllah)
Tiga point ini adalah modal untuk anda menguasai atau mengenal Aplikasi Microsoft Excel dasar. cobalah untuk memahami ketiga point ini dulu, setelah itu anda bisa lanjutkan ketingkat lanjutan untuk memahami Aplikasi Microsoft Excel ini.

0 Comment:

Posting Komentar

1. Di Larang Mencantumkan LINK Secara Langsung !
2. Pakailah Etika Saat Berkomentar !
3. Hindari SPAM Guna Kebersamaan !
4. Di Larang Berkomentar Yang Berbau Sara !